Siswa SDN 216 Belajar di Gudang Sekolah



Kamis, 09 November 2017 | 16:50:43 WIB




Advertisement


Advertisement

SENGETI - Akibat kekurangan ruang belajar, SDN 216 Plangke Desa Sungai Landai, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi memanfaatkan gudang tempat penyimpanan barang-barang bekas untuk ruang belajar dan mengajar.
 
Ironisnya, gudang yang berukuran kurang lebuh 4x4 meter itu terlihat tidak layak untuk digunakan, karena banyak dinding yang bolong. Dengan inisiatif guru, gudang tersebut di sulap menjadi ruang belajar siswa kelas 2 di SD tersebut.
 
Sementara, gedung sekolah yang ada hanya memiliki dua ruangan, kedua ruangan itu full digunakan untuk belajar. Sedangkan ruangan guru harus menumpang dengan ruangan perpustakaan. "Kami hanya mempunyai dua ruang belajar. Ya mau tak mau gudang yang biasanya tempat penyimpanan barang bekas, terpaksa kami gunakan untuk ruang belajar," kata Ruspandi, salah seorang Guru honorer di SDN 216 Sungai Landai. 
 
Ruspandi menambahkan, pihaknya sengaja memakai gudang tersebut karena ruang kelas yang ada tidak cukup. "Gedung sekolah kami hanya dua ruangan. Itupun masing-masing disekat menjadi dua ruangan, sehingga menjadi empat ruangan. Dua kelas lagi satu numpang di ruang Perpus disekat lagi untuk majlis guru. Satu lagi ya di gudang tadi," sampainya 
 
Untuk jumlah total siswanya ada 38 siswa dengan 3 orang guru tetap (PNS) termasuk Kepala Sekolah dan 8 orang guru honor. 
 
Sementara itu, Sutila (34), salah seorang orang tua siswa membenarkan kalau sekolah tempat anaknya sekolah terpaksa menggunakan gudang untuk tempat ruang belajar. "Anak saya bernama Zhafarani kelas 2 yang kebetulan memang belajar di gudang yang dijadikan ruang belajar," ucapnya.
 

Untuk itu, dia berharap kepada pemerintah untuk memperhatikan keberlasungan SDN 216 itu. Karena dengan sekolah itu dia bisa mengawal masa depan anaknya di jejang pendidikan. "Dengan kondisi yang ada, tanpa bantuan pemerintah sekolah itu mungkin mengalami kemajuan, dan sedikit orang tua mau menyekolahlan anakny di sekolahan ini," pungkasnya


Penulis: Kaharuddin
Editor: Lia
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUAROJAMBI

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement