Sarpras Banyak yang Rusak, SPAM Fokuskan Perbaikan



Minggu, 05 November 2017 | 20:45:35 WIB



Tanki air bersih cadangan untuk wilayah Muarasabak Barat
Tanki air bersih cadangan untuk wilayah Muarasabak Barat AKHMAD. SF/NT

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK, eNewsTimE.co - Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) saat ini masih fokus melakukan perbaikan sarana dan prasarana (Sarpras) SPAM yang banyak rusak. Setelah normal nanti, barulah fokus pada penambahan Sambunan Rumah (SR). ‘’Tahun ini kita masih fokus perbaikan jaringan maupun SR. Pasalnya masih banyak jaringan air bersih maupun meterannya yang masih harus diperbaiki, dikarenakan banyak yang rusak,’’ ungkap Kepala UPTD SPAM Kabupaten Tanjabtim, Fauzan, (5/11).

Menurutnya, wacana penambahan SR akan dilakukan disetiap jalur jaringan air bersih, seperti yang terdapat di Kecamatan Dendang, Muarasabak Timur, rantau Rasau, Geragai dan Kecamatan Nipah Panjang. ‘’Untuk wilayah Kecamatan Dendang, selain perbaikan, kita juga melakukan penambahan SR walau sebagian. Lalu di Kecamatan Muarasabak Timur juga dilakukan penambahan SR, dan sembari melakukan perbaikan,’’ ujarnya.

SPAM, lanjutnya, juga melakukan penambahan SR dan perbaikan jaringan di Kecamatan Geragai dan Kecamatan Rantau Rasau. Sementara untuk di wilayah Kecamatan Muarasabak Barat, pada minggu ini SPAM baru akan melakukan perbaikan jaringan dampak peningkatan jalan dua jalur di Jalan Imam Bonjol. ‘’Untuk penambahan jaringan, ditahun ini kita tidak begitu mengutamakannya. Bila benar-benar sudah normal, baru diutamakan penambahan SR. Intinya penambahan SR itu sambilan saja,’’ terangnya.

Sedangkan SR yang sudah terpasang, menurut Fauzan, pelayanannya sudah normal. ‘’Yang di Kecamatan Geragai itu, Insya Allah ditahun ini juga setelah perbaikan akan ada penambàhan SR. Sebab, diwilayah pasar Blok D penduduknya sudah padat. Penambahan SR di pasar blok D ini lebih kurang sekitar 150 SR,’’ jelasnya.

Sementara dalam pelayanan, untuk di Kecamatan Nipah Panjang, pihak SPAM sedang mengupayakan pada peningkatan kualitas air. Sedangkan untuk Kecamatan Rantau Rasau, tinggal penambahan SR, ‘’Kualitas air aman. Kita sarankan kepada konsumen untuk dapat menggunakan air bersih itu dengan sebijak mungkin. Karena air ini sumber kehidupan, mengingat masih ada wilayah Desa yang belum teralirin air bersih tersebut. Maka dari itu, bagi yang sudah menikmati air bersih ini agar dapat memanfaatkannya dengan sebijak mungkin. Bila ada saluran yang rusak atau bocor, tolong langsung laporkan ke UPTD setempat, agar dapat ditindak lanjuti sesegera mungkin,’’ tukasnya.


Penulis: AKHMAD. SF
Editor: BENI MURDANI
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement