Satu RT Satu Hafiz Alquran



Senin, 03 Juli 2017 | 19:47:25 WIB



Bupati dan Wakil Bupati Tanjabtim, H. Romi Hariyanto, SE dan H. Robby Nahliyansyah
Bupati dan Wakil Bupati Tanjabtim, H. Romi Hariyanto, SE dan H. Robby Nahliyansyah DOK/NT

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK, eNewsTimE.co - Kelurahan Kampung Laut, Kecamatan Kuala Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) rencananya akan menerapkan setiap Rukun Tetangga (RT) bisa memiliki Satu orang Hafiz Alquran. Rencana ini sesuai dengan Instruksi Bupati Tanjabtim, H. Romi Hariyanto yang mengiginkan Satu Desa/Kelurahan memiliki Satu Hafiz Alquran. ‘’Kita akan meminta setiap RT bisa memiliki satu orang Hafiz,’’ kata Lurah Kampung Laut, Jeki Romayzar, Senin (3/7).

Dijelaskannya, nantinya pihaknya akan meminta kepada Ketua RT untuk memilih salah satu warganya yang ingin menjadi Hafiz Alquran. Kemudian pihaknya akan memfasilitasi secara gratis tanpa dipungut biaya, termasuk guru yang akan melatihnya. ‘’Pelatihnya nanti akan kita koordinasikan. Dan kita pun tidak memungut biaya sepeserpun jika ada warga yang ingin menjadi Hafiz Alquran. Pokoknya gratis,’’ sebutnya.

Tujuannya, lanjutnya, selain Kelurahan Kampung Laut banyak memiliki Hafiz Alquran, setidaknya warga bisa mengetahui dasar-dasar cara menghafal Alquran. Jadi nanti kalau misalnya ada salah satu peserta Hafiz Alquran yang ingin masuk pesantren, dia sudah tahu cara-caranya bagaimana menghafal Alquran. ‘’Kalau memang nanti rencana itu bisa terlaksana, kampung kita nanti bisa punya banyak Hafiz,’’ ungkapnya.

Apalagi, kata Lurah, Bupati meminta setiap Desa dan Kelurahan harus memiliki Satu Hafiz, dari itu lah rencana ini dibuat. Jadi nanti Hafiz-Hafiz yang ada disetiap RT akan dipilih Satu orang Hafiz terbaik untuk dijadikan Hafiz Kelurahan. ‘’Selain itu juga, jika kita sudah mendapatkan Hafiz pilihan sesuai dengan yang diinginkan, jadi saat guru Hafiz dari Kabupaten melatih, Hafiz kita sudah tahu dasar-dasar cara menghafalnya,’’ jelasnya.

Ditambahkannya, pihaknya tidak memaksakan setiap RT harus mengirimkan satu orang untuk dijadikan Hafiz. Kalau memang ada RT tidak mengutus peserta, tidak masalah, tidak ada paksaan. ‘’Mana tahu ada orang tua yang ingin anaknya bisa menghafal Alquran, kan gratis juga tidak dipungut biaya. Sekarang saja Kampung Laut sudah memiliki Tiga orang Hafiz Alquran. Mudah-mudahan saja kedepannya kita bisa memiliki banyak Hafiz,’’ tukasnya.

 


Penulis: MAULANA
Editor: MAULANA
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement