Bupati Tanjabtim Sumatera Cup Prix Round II Segera Digeber

Pada 20 sampai 21 Mei 2017 di Sirkuit GOR Datuk Paduka Berhala


Jumat, 12 Mei 2017 | 22:02:34 WIB



Bupati Tanjabtim Romi Hariyanto bersama Mawan Dragon
Bupati Tanjabtim Romi Hariyanto bersama Mawan Dragon BENI MURDANI/NT

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK, eNewsTimE.co - Kejuaraan Daerah (Kejurda) Balap Sepeda Motor Bupati Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) Cup Prix Round II tahun 2017 segera digeber di sirkuit GOR Datuk Paduka Berhala, Kelurahan Parit Culum I, Kecamatan Muarasabak Barat, Kabupaten Tanjabtim selama dua hari, pada Sabtu-Minggu, 20-21 Mei 2017. Event balap motor ini diselenggarakan oleh Dragon Event Organizer (DEO) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Koran Harian Timur Ekspres, Media Online eNewsTimE.co dan Samudera Sport Auto Club (SSAC).

Ketua Pelaksana, Darmawansyahatau yang lebih dikenalMawan Dragon menjelaskan, maksud dan tujuan dilaksanakan even balap motor ini adalah untuk menyediakan sarana dan prasarana bagi generasi muda yang memiliki hobi terhadap olahraga otomotif. ‘’Yang berkorelasi sebagai wadah untuk menjaring pembalap–pembalap liar yang selama ini notabene suka kebut-kebutan di jalanan umum untuk dapat menyalurkan hobinya pada tempat yang lebih baik dan terjamin,’’ ungkap Mawan Dragon, Jumat (12/5).  

Kemudian, lanjut Mawan, even ini juga untuk membentuk mental dan jiwa generasi muda untuk memiliki tingkat sportifitas yang tinggi dan menghargai orang lain serta patuh terhadap ketentuan–ketentuan yang ada melalui keikutsertaannya dalam acara ini. Serta membudayakan secara dini dan konsekwen budaya tertib dalam berlalu-lintas khususnya di kalangan generasi muda. Mempersiapkan pelaksanaan event sedini mungkin agar dapat menjadi event yang berkwalitas dari segi penyelenggaraan dan menarik bagi kehadiran peserta serta penonton. Menjalankan jadwal Kejuaraan Balap Motor Kejurda Tanjabtim sesuai hasil Rakerda IMI 2017. ‘’Mengapa kita pilih dilaksanakan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur?, karena  sama-sama kita ketahui bahwa potensi-potensi pembalap muda sangat tinggi di daerah ini. Dan yang paling membanggakan, Bupatinya, Bapak H. Romi Hariyanto sangat mendukung pengembangan potensi-potensi anak muda khususnya di dunia balap motor ini, terbukti dengan terobosan rencana pembangunan sirkuit bertaraf nasional untuk balap motor di Kabupaten Tanjung Jabung Timur ini. Kami sangat mendukung dan merasa bangga, dan ini merupakan yang pertama di Provinsi Jambi,’’ ujar Mawan.

Lebih rinci Mawan menjelaskan, kegiatan Kejurda Balap Motor Bupati Tanjabtim putaran kedua Sumatera tahun 2017 ini merupakan suatu perlombaan Balap sepeda motor yang dilaksanakan pada jalur khusus dengan menempuh satu putarannya minimal 1200 meter dengan menitik beratkan kepada kecepatan dan mengacu kepada peraturan perlombaan Balap Motor Nasional yang dikeluarkan oleh Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia dan Peraturan Pelengkap Lomba dari Pimpinan Lomba. ‘’Peserta kegiatan ini terbuka untuk umum dengan ketentuan memiliki SIM C dan telah pula memiliki Kartu Izin Start (KIS) yang dikeluarkan oleh PP. IMI atau Pengda IMI setempat dan masih berlaku pada saat pelaksanaan lomba, sesuai dengan jenis dan kategorinya,  dan khusus bagi peserta kelas Kejurnas Wajib memiliki KIS Nasional yang dikeluarkan oleh PP. IMI melalui Pengprov IMI,’’ beber Mawan.

Untuk tempat pendaftaran di Kantor Sekretariat Samudera Sport Auto Club (SSAC) Jl. Ki Hajar Dewantara Muarasabak Kabupaten Tanjabtim. Contact Person, Davied : 0852 8028 7011.

Kelas yang diperlombakan meliputi:

1. Bebek s/d 150 cc 4 Tak Tune Up Seeded Open – MP1

2. Bebek s/d 125 cc 4 Tak Tune Up Seeded Open – MP2

3. Bebek s/d 125 cc 4 Tak Tune Up Pemula Max 20 THN – MP3

4. Bebek s/d 110 cc 4 Tak Tune Up Pemula Max 20 THN – MP4

5. Bebek s/d 125 cc 4 Tak Kohar Open – MP5

6. Bebek s/d 125 cc 4 Tak Kohar Pemula Lokal Jambi – MP5

7. Bebek s/d 125 cc 4 Tak Kohar Lokal Tanjab Tim, Tanjab Bar, Muaro Jambi dan Kota Jambi  – MP5

8. Bebek s/d 125 cc 4 Tak Kohar NON JUARA Lokal Jambi – MP5

9. Bebek s/d 125 cc 4 Tak Standar Pabrik Lokal Tanjab Tim, Tanjab Bar, Muaro Jambi dan Kota Jambi

10. Bebek s/d 125 cc 4 Tak Standar Pabrik NON JUARA Pemula Jambi + (Wajib Membeli Oli Federal )

11. Matic 130 cc Standar Tune Up Open

12. Matic 130 cc Standar Tune Up Open (Khusus Wanita) + (Wajib Membeli Oli Federal )

13. Bebek 2 Tak 110 s/d 130 cc Tune Up Open (Underbone)

14. Bebek s/d 130 cc 4 Tak Tune Up Mantan Pembalap (Exebition) MP2.

 

Hadiah-hadiah terdiri dari :

1.      Bebek 4 Tak 150 cc  Tune Up Open (MP1)

2.      Bebek 4 Tak 125 cc  Tune Up Open (MP2)

Juara     I               : Rp. 1.750.000,- + Tropi

             II             : Rp. 1.250.000,- + Tropi

             III            : Rp. 1.000.000,- + Tropi

              IV            : Rp.    700.000,- + Tropi

              V             : Rp.    500.000,- + Tropi

3.      Bebek 4 Tak 125 cc Tune Up Pemula Max 20 Tahun (MP3-MP4)

Juara     I               : Rp. 1.500.000,-  + Tropi

             II             : Rp. 1.000.000,-  + Tropi

             III            : Rp.     800.000,- + Tropi

              IV            : Rp.     600.000,- + Tropi

              V             : Rp.     400.000,- + Tropi

4.      Bebek 4 Tak s/d 125 cc Kohar  Open (MP5)

5.      Bebek 4 Tak s/d 125 cc Kohar Pemula Lokal Jambi (MP5)

6.      Bebek 4 Tak s/d 125 cc Kohar Lokal Tanjab Tim, Tanjab Bar, Muaro Jambi dan Kot Jambi (MP5)

7.      Bebek 4 Tak s/d 125 cc Kohar NON JUARA Lokal Jambi (MP5)

8.      Bebek 4 Tak s/d 125 cc Standar Pabrik Lokal Tanjab Tim, Tanjab Bar, Muaro Jambi dan Kota Jambi.

9.      Bebek 4 Tak s/d 125 cc Standar Pabrik NON JUARA Pemula Jambi

10.  Matic 130 cc Standar Tune Up Open

11.  Matic 130 cc Standar Tune Up Open (Khusus Wanita)

12.  Bebek 2 Tak 110 s/d 130 cc Tune Up Open (Underbone)

Juara     I               : Rp.  1.200.000,- + Tropi

             II             : Rp.     900.000,- + Tropi

             III            : Rp.     700.000,- + Tropi

              IV            : Rp.     400.000,- + Tropi

              V             : Rp.     250.000,- + Tropi

13.  Bebek 4 Tak 125 cc Mantan Pembalap (Exebition) MP2. Mengikuti Jumlah Starter

Sementara itu, Bupati Tanjabtim, Romi Hariyanto sangat mengapresiasi kegiatan balap motor ini. Bupati mengatakan, even balap motor ini diharapkan dapat mengembangkan potensi-potensi muda balap motor yang ada di Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung agar dapat menatap persaiangan di kancah nasional bahkan internasional. ‘’Ya, kita banyak memiliki potensi-potensi untuk itu (balap motor, red),’’ ungkap Bupati Merakyat Romi Hariyanto saat berbincang hangat dengan GM Timur Ekspres dan eNewsTimE.co, Beni Murdani, SE dan Ketua Panitia, Mawan Dragon di Rumah Dinas Bupati Tanjabtim, Rabu (10/5) malam. Bahkan, Bupati berharap dengan berdirinya sirkuit balap motor bertaraf nasional di Kabupaten Tanabtim nanti, even-even nasional, khusunya balap motor bisa diselenggarakan di sirkuit yang bakal dibangun di dekat Pesantren Gontor 12 di Kelurahan Parit Culum I, Kecamatan Muarasabak Barat tersebut. ‘’Pembangunnya (sirkuit) akan dimulai dalam tahun 2017 ini,’’ sebut Bupati.

Tanjabtim Akan Bangun Sirkuit Bertaraf Nasional

Untuk diketahui,rencana Bupati Romi Hariyanto, untuk membangun sirkuit bertaraf nasional di Muarasabak ini juga mendapat dukungan dan respon dari H. Tinton Soeprapto. Kabar baik ini disampaikan Romi Hariyanto, setelah menemui tokoh otomotif nasional itu (Tinton) pada Senin pagi (8/5/2017), di Sirkuit Sentul, Desa Sentul, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.   

Disampaikan Bupati Romi, bahwa Tinton yang juga merupakan direktur PT. Sarana Sirkuit Utama sekaligus pengelola Sirkuit Sentul, menanggapi baik keseriusan Bupati Romi untuk membangun sirkuit di Tanjabtim. Karena spesifikasi pembangunan sirkuit bersifat khusus, Romi membutuhkan banyak referensi, salah satunya dari sirkuit Sentul sebagai sirkuit yang terbesar di Indonesia. 

Mengenai lokasi dan ketersediaan lahan, Romi mengaku sudah siap. Lobi anggaran ke Kementerian Pariwisata pun telah dilakukan. Tinggal menunggu proses selanjutnya dari sisi teknis penganggaran. Namun persoalan teknis pembangunan dan pengelolaan masih menjadi kendala utama. "Karena itu kita butuh bantuan pak Tinton yang sudah profesional baik dari sisi pembangunan maupun pengelolaan sirkuit,"jelas Romi usai pertemuan dengan Tinton.

Dijelaskan Romi, dalam pertemuan sekitar 30 menit itu, Tinton berjanji untuk serius mendukung hingga sirkuit terbangun. Ayah pebalap Ananda Mikola dan Moreno Soeprapto itu bahkan berjanji mengawal tuntas pembangunan sirkuit. Tinton akan membantu menyiapkan konsultan dan rancangbangun sirkuit hingga prosfek pengembangannya. "Pak Tinton resfek sekali. Beliau bahkan menyemangati saya agar sirkuit betul - betul segera bisa dibangun,"kata Romi.

Meski Tanjabtim belum termasuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Romi berkeyakinan adanya sirkuit bertaraf nasional di daerah itu akan turut merangsang masuknya investasi berskala besar di sektor pariwisata, yang pada akhirnya akan membantu percepatan peningkatan perekonomian masyarakat Tanjabtim.(bim)

 


Penulis: BENI MURDANI
Editor: BENI MURDANI
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement