Gandeng Media, Bawaslu Ajak Pers Cegah Berita Hoax



Selasa, 08 Oktober 2024 | 16:22:01 WIB



Devisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat Dan Humas Bawaslu Tanjabtim Nurdin, S.E saat menyampaikan Sambutan.
Devisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat Dan Humas Bawaslu Tanjabtim Nurdin, S.E saat menyampaikan Sambutan.

Advertisement


Advertisement

eNewsTimE.id, Muarasabak -  Dalam pencegahan berita Hoax pada Pilkada serentak Tahun 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum ( Bawaslu ) Kabupaten Tanjung Jabung Timur ( Tanjabtim ) mengandeng pers. 

Dimana pada kegiatan Rapat Koordinasi bertajuk Pengawasan pencegahan berita hoax bersama pers dalam pemilihan serentak Tahun 2024, Bawaslu mengundang Organisasi Pers se-Kabupaten Tanjabtim, seperti Ikatan Wartawan Online ( IWO ), Aliansi Jurnalis Tanjabtim ( AJT ), Himpunan Wartawan Daerah ( Hiwada ), Persatuan Wartawan Indonesai ( PWI ), Ikatan Jurnalis Televisi ( IJTI ) dan Persatuan Wartawan Tanjabtim ( Porwat )  bertempat di Aula Hotel Ratu, Kelurahan Rano, Kecamatan Muarasabak, Tanjabtim, Jambi, Selasa ( 8/10/24). 

Dalam giat tersebut, KBO Reskrim Iptu Roni Malantika, S.H dan Kasi Intel Polres Tanjabtim Iptu Rino Masjaya, S.H serta Kasi Intel Kejari Rahmad Abdul, S.H hadir sebagai nara sumber.

Pada kesempatan itu, Devisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Nurdin, S.E menyampaikan dimana forum ini digelar bertujuan menimalisir yang mana terdapat Isu - Isu berita yang tidak bisa dipertangungjawabkan ( Hoax,red ) selama Pilkada serentak Tahun 2024 ini, diharapankan rekan Pers tidak memfollow up berita tersebut. Ada baiknya disampaikan kepada Publik kebenarannya. 

" Kalau Rekan Pers mengonsumsi berita - berita yang tidak benar, itu bisa membuat repot Jajaran Polres dan Kejari dalam menciptakan suasana Kondusif dalam Pilkada 2024 ini ," Ungkap Nurdin.

Maka dari itu, Dalam kegiatan ini kita ( Bawaslu,red ) mendatangkan Nara sumber dari Pihak Polres dan Kejarinya. Di forum ini kita nanti mencoba melihat potensi - potensi kerawanan terkait pemberitaan - pemberitaan di media itu seperti apa. 

" Besar harapan saya kepada Sahabat - Sahabat Saya Insan Pers Pilkada ini dapat Kondusif ," ucapnya.

Pada Kesempatan itu, Syakur Rahman, S.Pd salah satu unsur Pimpinan Bawaslu Tanjabtim menambahkan, dimana suksesnya Pemilihan Kepala Daerah serentak Tahun 2024 ini ada beberapa faktor. Pertama faktor pemilih yang cerdas. Disini Cerdas dalam arti, Cerdas dalam menentukan sikap dan pilihan. 

" Yang sama - sama kita ketahui, Calon Kepala Daerah di Tanjabtim ini hanya ada dua pasang. Maka dari itu, hargailah perbedaan pilihan. Intinya tujuan Calon sama untuk kemajuan Daerah yang tercinta,  baik di Kabupaten Tanjabtim maupun di Provinsi Jambi ," Himbau Sakur.

Tentunya untuk mensukseskan Pilkada ini Insan pers sangat mendukung. Hal itu dikarenakan keterbatasan Bawaslu sebagai pengawas. Maka dari itu diharapkan Insan pers menjadi penyambung informasi - informasi faktual bagian dari Kita bersama dalam menciptakan Pilkada serentak Tahun 2024 yang aman, damai dan terbit. 

" Informasi - Informasi inilah nantinya dapat di konsumsi Publik dengan baik, demi suksesnya Pilkada yang Damai, Aman dan Tertib ," Tutup Sakur. 

Sementara Nara Sumber memberikan materi teknis seputar Larangan, Himbauan dan ajakan dalam mensukseskan Pilkada serentak ini. 

 

 

 

 

 

 

 

 


Penulis: Akhmad
Editor: Akhmad
Sumber: eNewsTimE.Id

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement