Pj Walikota Jambi Buka Orientasi dan Pembekalan Jurnalis se-Provinsi Jambi dihadiri Ketua PWI Provinsi



Selasa, 09 Juli 2024 | 12:03:54 WIB



Pj Walikota Jambi Buka Orientasi dan Pembekalan Jurnalis se-Provinsi Jambi dihadiri Ketua PWI Provinsi
Pj Walikota Jambi Buka Orientasi dan Pembekalan Jurnalis se-Provinsi Jambi dihadiri Ketua PWI Provinsi tangkapan layar

Advertisement


Advertisement


JAMBI, enewstime.id  - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Jambi meggelar orientasi dan pembekalan jurnalis pada Selasa (9/7). Mengangkat tema Meningkatkan SDM Serta Profesionalitas Wartawan Dalam Menjalankan Tugas jurnalistik.

Orientasi dan Pembekalan Ini menyasar jurnalis yang baru menjelajahi dunia jurnalistik. Serta memberikan pemahaman kode etik jurnalistik, berdasarkan Undang-Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999.

Acara penting ini dibuka oleh Penjabat Walikota Jambi Sri Purwaningsih, SH,M.AP yang diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Jambi H.Abu Bakar, SH. Juga langsung dihadiri oleh Ketua PWI Provinsi Jambi H.Ridwan Agus Depati, Ketua DKP dan Penasihat PWI serta unsur Forkopimda Kota Jambi.

Pj Walikota Jambi melalui Kadiskominfo menyampaikan permintaan maaf dari Pj Walikota Jambi yang saat bersamaan tengah rapat terkait Pilkada di Jakarta bersama Kementerian Terkait.

H. Abu Bakar menyampaikan, orientasi dan pelatihan ini penting. Sebab pers merupakan mitra Pemerintah Daerah.
"Pemkot jambi sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan kami ucapkan terimakasih telah selenggarakan orientasi ini oleh PWI Provinsi Jambi dan PWI Kota jambi," ucapnya.

Ia berharap dengan kegiatan ini jurnalis bisa mengikuti dan mengambil ilmu dari narasumber. H. Abu Bakar juga telah mencatat pesan dari Ketua PWI Provinsi Jambi. Yang akan menjadai informasi dan refensi yang dilakukan di pemkot.

Yang tak kalah penting, Abu berharap kegiatan seperti ini bisa jadi kegiatan rutin. Ini vital, lantaran pekerja Humas Pemda erat kaitannya dengan kegiatan jurnalistik.

"Kami harap PWI Kota juga bisa bekali aparatur kehumasan, karena tugas kami di informasi dan komunikasi publik, kami butuh aparatur humas yang punya skil jurnalistik," katanya.

Sebab, jelas Abu Bakar, ada cara kerja pers yang tak mudah dilakukan tim humas, sedangkan humas laksanakan fungsi pers. Cara menulis dan memasukkan ke dalam media, karena humas punya media seperti website dan instagram (media sosial).

Sementara itu, Ketua PWI Provinsi Jambi H. Ridwan Agus Depati dalam sabutannya mengingatkan orientasi dan pembekalan jurnalis penting sebagai syarat menuju Uji Kompetensi Wartawan (UKW). "Ini penting karena Wartawan yang telah lulus UKW acapk kali menjadi sebagai salah satu syarat publikasi Pemda bekerjasama dengan pers," ucap Ketua PWI Provinsi Jambi.

H. Ridwan Agus Depati juga mengapresiasi PWI Kota Jambi. Ia menganggap PWI Kota Jambi sebagai organisasi yang maju. Dan ia menekankan pentingnya kaderisasi untuk kemajuan kedepannya. "Terimakasih kepada pemerintah yang telah siapkan waktu, dan tempat acara," ucap HRA.

Sebelumnya, Ketua PWI Kota Jambi Irwansyah menyampaikan, kegiatan orientasi ini kita laksanakan untuk wartawan se Provinsi Jambi dengan peserta berjumlah kurang lebih 30 Orang yang diikuti dari seluruh Wartawan Kabupaten Kota se Provinsi Jambi. Baik itu dari Kabupaten Sarolangun, Tanjabbar, Muaro Jambi, Kota Jambi dan Kerinci.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah selain Meningkatkan SDM serta Profesionalitas wartawan dalam Menjalankan Tugas Jurnalistik, kegiatan ini juga bertujuan untuk melanjutkan ke tingkat Uji Kompetensi Wartawan," katanya.

Irwansyah menambahkan ucapan terimakasihnya kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam acara ini. "Terimakasih kepada semuanya, kami berdoa Tuhan yang Maha Esa akan membalas kebaikan semuanya," pungkasnya. (rg*)





Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement