Peduli Kesehatan, Prodi S1 Kebidanan UNAJA Turun Langsung ke Masyarakat



Rabu, 04 Oktober 2023 | 17:11:02 WIB



Giat KKN Prodi S1 Kebidanan Universitas Adiwangsa Jambi
Giat KKN Prodi S1 Kebidanan Universitas Adiwangsa Jambi

Advertisement


Advertisement

eNewsTimE.id, Tanjabtim - Tingginya perhatian terhadap kesehatan Masyarakat, Mahasiswi Fakultas Ilmu Kesehatan Program Studi S1 Kebidanan angkatan ke tiga Universitas Adiwangsa Jambi ( UNAJA ) turun langsung  dengan mengadakan Kuliah Kerja Nyata ( KKN ). 

Pembukaan yang berlangsung di Aula Kantor Desa Pandan Sejahtera, Kecamatan Geragai, Tanjabtim, Jambi itu dihadiri Kepala Desa Pandan Sejahtera, Ketua TP PKK Desa Pandan Sejahtera, Kadis Kesehatan Tanjabtim, Dekan dan Kaprodi Universitas Adiwangsa beserta rombongan, Rabu ( 4/10/23) berlangsung khidmat.

Pada kegiatan itu, Dekan Universitas Adiwangsa Jambi ( UNAJA ) Ibu Subang Aini Nasution, S.St M.kes menyampaikan bahwa kegiatan  praktek Komunitas Mahasiswi Program Studi S1 Kebidanan ini merupakan salah satu tugas yang mesti dilaksanakan. Dimana Mahasiswi ini terjun langsung ke Masyarakat guna mengimplementasikan keilmuan nya. Sekiranya ilmu yang di terapkan oleh mahasiswi ini bermanfaat bagi Masyarakat luas. 

" Nantinya prodak yang dihasilkan oleh Mahasiswi ini bisa bermanfaat bagi Masyarakat Desa Pandan Sejahtera dan sekitarnya ," Paparnya. 

Dengan Ini, tentunya harap Kita kegiatan ini tidak hanya di Desa Pandan Sejahtera, namun tetapi dapat dilaksanakan di Desa lainnya dalam ruang lingkup Kabupaten Tanjab Timur ini. 

" Kedepannya kita ( UNAJA ) juga akan memberdayakan Mahasiswi ini untuk dapat melaksanakan praktek Komunitasnya di tempat Mereka bekerja. Dan bagi Bidan - Bidan yang berminat bisa bergabung di Universitas Adiwangsa Jambi ini ," Terangnya. 

Waktu yang bersamaan, Kaprodi Universitas Adiwangsa Jambi ( UNAJA ) Ibu Diane Marlin, S.St. M.Kep kepada Media ini mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan selama 14 hari lamanya ini bertujuan guna pemberdayaan Masyarakat. Dimana dalam kegiatan ini nantinya, Mahasiswi - Mahasiswi Ini membuat suatu prodak berbahan baku dari Segala Sumber Daya Alam ( SDA ) yang terdapat di lingkungan sekitar. 

" Nantinya UMKM dan Kader PKK dapat mengimplementasikan kembali Prodak- prodak yang dibuat oleh Mahasiswi S1 Kebidanan ini kepada Masyarakat lainnya ," Ulasnya. 

Selain kegiatan membuat prodak buat kesehatan Masyarakat, Tambah Diane, mereka juga nantinya mendampingi dan menjaga Kesehatan bagi Ibu - ibu hamil, serta akan membuat prodak makanan buat Balita. 

" Semoga Ilmu yang diterapkan oleh Mahasiswi Universitas Adiwangsa ini dapat bermanfaat bagi Kesehatan dan pertumbuhan Ekonomi Masyarakat ," Tuturnya. 

Adapun Universitas Adiwangsa Jambi ini memiliki Tiga Fakultas, yakitu Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Hukum dan Ekonomi Bisnis, Kemudian Fakultas Pendidikan. Dan kebetulan di  UNAJA ini Akan segera menerima mahasiswa sarjana kedokteran dan pendidikan profesi dokter yang rencananya dibuka tahun 2023 ini juga. 

" Di Fakultas Ilmu Kesehatan ini ada tujuh Bidang Studi, yaitu Bidang Studi S1 Kebidanan, S1 Profesi Bidan, S1 Farmasi, S1 Gizi, S1 Perawat dan S1 profesi Perawat serta D3 Perawat ," Terangnya. 

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan, Ns Ernawati, S.Kep, M.Kes sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Mahasisiwi - Mahasisiwi dari Universitas Adiwangsa ini. Tentunya dengan keberadaan Mahasisiwi S1 Kebidanan ini dapat bermanfaat bagi Masyarakat Tanjab Timur. 

" Semoga KKN yang dilaksanakan oleh Mahasiswi S1 Kebidanan ini dapat menambah pengetahuan dan meningkatkan kesehatan Masyarakat ," ulasnya. 

Harapan kita, lanjut Ernawati, setelah Mahasisiwi ini lulus, mereka dapat bekerja dan mengabdi di Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung ini. 

" Pemda berkomitmen, Seluruh Bidan harus meningkatkan Pengetahuan nya dari D3 ke S1. Dan mereka bisa nantinya mengisi kebutuhan tenaga Ahli di setiap Puskesmas ," Terangnya. 

Diwaktu yang bersamaan, Rina Ketua panitia perwakilan Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Prodi S1 Kebidanan angkatan ke tiga Universitas Adiwangsa Jambi ( UNAJA ) menghanturkan terimakasih nya kepada Bupati Tanjab Timur H. Romi Hariyanto, S.E yang telah telah mengijinkan seluruh bidan di Tanjab Timur untuk melanjutkan pendidikannya dari D3 ke jenjang S1. 

" Dalam kegiatan Ini, Kita menerangkan seputar dunia kesehatan buat Ibu - ibu hamil, guna mencegah terjadinya Stunting pada anak. Kita juga menjelaskan seputar dunia kesehatan kepada para Lansia ," ucapnya. 

Pada kegiatan ini, Lanjut Rina, Kami Mahasiswi S1 Kebidanan dari UNAJA juga memberikan asupan Gizi tambahan bagi Ibu Hamil dan para lansia, seperti Susu, Tablet tambah darah, Buku Panduan Kesehatan buat Ibu Hamil dan Lansia.

" Kita juga melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap Ibu- ibu hamil dan para Lansia ini. Sehinga dengan begitu Kita mengetahui apa yang seharusnya mereka butuhkan," paparnya. 

Sementara Itu, Kades Pandan sejahtera Purwadi yang membuka acara itu secara resmi berharap Prodi S1 Kebidanan ini dapat menyalurkan pengetahuannya dan bermanfaat bagi Masyarakat. Sehinga Masyarakat Desa Pandan Sejahtera pada sehat - sehat semua. 

" Semoga dengan adanya kegiatan Mahasiswi S1 Kebidanan ini dapat bekerjasama dengan Kader PKK. Baik dari sisi penekanan Stunting maupun peningkatan kesehatan serta peningkatan taraf hidup Masyarat ," harapnya. 

 


Penulis: Akhmad SF
Editor: Akhmad SF
Sumber: eNewsTimE.id

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement