Wabup Buka Sosialisasi Pengelolaan DD

Pendamping Desa Jangan Cawe Cawe Dengan Kades


Jumat, 23 September 2022 | 21:53:23 WIB



ISTIMEWA

Advertisement


Advertisement

Muara Sabak,eNewsTimE.id - Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur (Tanjab Timur) H. Robby Nahliyansyah, SH membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Dana Desa di Aula Kantor Bupati Tanjab Timur, Kamis (22/9).

Beliau mengingatkan para Pendamping Desa di Kabupaten Tanjab Timur jangan cawe-cawe dengan para Kepala Desa dalam penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD). Cawe-cawe yang dimaksud Wabup adalah para pendamping desa ikut dalam pengerjaan kegiatan yang dianggarkan melalui dana ADD tersebut.

Wabup meminta para pendamping Desa tetap profesional dalam melaksanakan dan menjalankan tugasnya sesuai dengan Amanah undang-undang yang berlaku.

Acara Sosialisasi Pengelolaan Dana Desa ini menurut Wabup sangat penting bagi para Camat dan khususnya Kepala Desa dalam pengelolaan Dana Desa di daerahnya. Tujuannya jelas agar pengelolaan dana desa ini bisa tepat sasaran, tertib administrasi dan transfaran.

‘’Pengelolaan keuangan yang efektif, transparan dan akuntabel menjadi salah satu parameter penting dari keberhasilan roda pemerintahan,’’ ungkapnya.

Untuk itu, Wabup berpesan kepada para Kepala Desa, agar lebih berhati-hati dalam penggunaan dan pengelolaan dana desa. Terutama dana yang dialokasikan untuk jaring pengaman sosial atau BLT desa. Supaya berhati-hati dalam pendataan keluarga penerima manfaat (KPM) jangan sampai terjadi tumpeng tindih dengan bantuan yang lain.

‘’Mengingat sejak pandemi Covid 19 ini banyak bantuan jaring pengaman sosial yang dikucurkan pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,’’ katanya.

Selain itu, partisipasi masyarakat juga harus terus ditingkatkan. Kades harus mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam musyawarah penyusunan perencanaan pembangunan desa, sehingga skala prioritas ini dapat tepat sasaran dan bermanfaat bagi kepentingan masyarakat desanya.

‘’Pedomani peraturan dan ketentuan yang berlaku. Laksanakan tepat sasaran dan tepat waktu,’’ ungkapnya.


Penulis: Akhmad, SF
Editor: Lia
Sumber: Dokumentasi Tanjab Timur

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement