Desa Sungai Tering Gelar Upacara Bendera di SMPN 16 Tanjabtim

Dalam Rangka HUT RI ke 77


Kamis, 18 Agustus 2022 | 13:17:41 WIB



17 Agustus di Desa Sungai Tering
17 Agustus di Desa Sungai Tering Buyamin

Advertisement


Advertisement

Nipah Panjang,eNewsTimE.id- Dalam rangka memperingati HUT RI ke 77 tahun 2022,  Desa Sungai Tering Kecamatan Nipah Panjang melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih. Kegiatan yang  berlangsung di lapangan upacara SMPN 16 Tanjab Timur  pada Rabu (17/8/22) itu di Komandani langsung oleh Serda TNI Teguh Santoso, bertindak sebagai Irup Kepala Desa Sungai Tering M Yunus. Sedangkan pembacaan proklamasi dilaksankan oleh Ketua BPD Rasyidin, dan untuk pembacaan UUD dilaksanakan oleh Sekdes serta paskibraka oleh siswa siswi SMPN 16 Tannjab Timur. 

Kepala Desa Sungai Tering M Yunus dalam pidato pembangunannya menyampaikan, puji dan syukurnya sehingga pelaksanaan HUT RI di lapangan SMP 16 dapat berjalan dengan lancar. diberikan kesehatan dan kesempatan

"Dengan memperingati HUT RI ke 77 itu berarti bangsa kita telah menghirup udara kemerdekaan dan kebebasan selama 77 tahun lamanya.  Jika kita melihat sejarah perjuangan para pahlawan kita melawan penjajah merebut kemerdekaan bangsa ini, sungguh perjuangan yang sangat luar biasa, dengan cucuran keringat bercampur darah bahkan nyawa sehingga pada tanggal 17 Agustus tahun 1945 tepatnya jam 10 pagi dijalan Pegangsaan Timur no 56 Jakarta Pusat di proklamasikan kemerdekaan  Republik Indonesia oleh Soekarno Hatta, hal ini  begitu cepat tersiar di seluruh penjuru dunia sehingga banyak orang yang kagum menyambut gembira atas kecepatan pergerakan proklamasi Kemerdekaan Indonesia," tuturnya.

Dapat di tarik dari peristiwa tersebut, bahwa begitu sangat pentingnya semangat persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan cita cita pembangun yang lebih maju dan lebih baik. 

"Oleh karena itu marilah kita membiasakan diri, untuk menjadi pribadi yang merdeka, jangan pula menjadi penjajah modern yang menindas bangsa sendiri, dengan selalu mencari cari cela untuk menjatuhkan saudara kita yang sedang berkonsentrasi untuk meningkatkan kesejateraan masyarakat dan pembangunan disegala bidang. mari kita menjadi pribadi yang memilikit komitmen dan prinsip mengisi kemerdekaan ini dengan penuh syukur dan tanggung jawab,  terlebih ditengah Covid 19 yang masih menjadi momok tersendiri bagi kehidupan masyarakat di seluruh Indonesia, hal itu sangat berdampak pada percepatan pertumbuhan pembangunan dan ekonomi sampai kepelosok desa," ujarnya.

"Maka dari itu, pada tahun 2022 ini kami pemerintah desa masih mengalokasikan dana sekitar Rp 40 010.400,-  untuk bantuan langsung tunai kepada 114 kpm secara keseluruhan di Desa Sungai Tering. Dan pada kesempatan ini perlu saya informasikan kepada kita semua, bahwa konsentrasi kita tahun 2022 ini untuk menrealisasikan semua dana penyertaan modal Bundes yang di anggarkan pada tahun 2021 ke 2022.  Alhamdulillah melalui ide ide kita bersama sehingga dana tersebut dapat di realisasikan secara keseluruhan di 3 unit usaha. Yakni yang pertama pembelian mobil cold desel merk hino angkutan sawit sebesar Rp 397 juta, kedua investasi Ram Asiyah Str sebesar  Rp 150 juta  dan yang ketiga pembangunan pabrik pengelolahan sabut kelapa, di Parit 8 Jalan Baru Desa Sungai  Tering.  OLeh karena itu saya mohon dukungannya kepada bapak ibu dan saudara saudara mudah mudahan di tiga unit badan usaha milik desa dapat berjalan dengan baik  dan mendapatkan sesuai yang di harapkan dan dapat memberikan kesejeteraan bersama masyarakat Desa Sungai Tering," harap Yunus.

 

DEngan adanya pabrik sawit tersebut tentunya menjadi kabar gembira bagi seluruh masyaraka Desa Sungai Tering dan sekitarnya, karena selama ini sabut hanya menjadi limbah, namun dengan adanya perusahaan tersebut sabut bisa ada nilai rupiahnya. 

"Selanjutnya, anak anakku siswa siswi smp maupun sd yang saya cintai dan saya banggakan, kini perjuangan telah usai, tinggal lagi kita sebagai generasi penerus bangsa ini yang mengisi kemerdekaan dengan penuh tanggung jawab.  Jadikan semua perbedaan , keunikan dalam berbangsa dan bernegara agar tidak menimbulkan perpecahan ditengah kehidupan masyarakat, sebagai mana semboyan Negara kita yaitu Bhineka Tunggal Ika, berbeda beda tetap satu,  Negara Kesatuan Republik Indonesia harga mati, merdeka," himbaunya.

 

Penulis: Buyamin
Editor: Lia
Sumber: eNewsTimE.id

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement