Bupati Adirozal Hadiri Peringati Harkopnas ke 72 Tahun 2019



Rabu, 23 Oktober 2019 | 16:35:53 WIB



Bupati Kerinci H. Adirozal Hadiri Peringati Harkopnas ke 72 Tahun 2019 tingkat Kabupaten Kerinci
Bupati Kerinci H. Adirozal Hadiri Peringati Harkopnas ke 72 Tahun 2019 tingkat Kabupaten Kerinci AVERMAN DEKA/NT

Advertisement


Advertisement

KERINCI,- eNewsTimE.co - Bupati Kerinci H. Adirozal didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Kerinci Hj. Nailil Husna Adirozal, Rabu (23/10) hadiri acara peringati Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-72 tahun 2019.

Peringatan Harkopnas tingkat kabupaten Kerinci yang bertempat di gedung Nasional itu, turut dihadiri Ketua DPRD Kerinci, Unsur Forkopimda, Sekda Kerinci, sejumlah Kepala OPD dan pejabat lingkup Pemkab Kerinci. Selain itu juga hadiri pengurus Koperasi se-Kabupaten Kerinci.

Dalam sambutannya, Bupati Adirozal memyampaikan bahwa tantangan baru yang dihadapi oleh Dunia perkoperasian saat ini, tidak hanya mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi semata, namun menyangkut persoalan mindset dan juga perubahan dalam sistem tata kelola.

Lebih lanjut dikatakan Bupati, Pemkab Kerinci telah berupaya secara maksimal dalam menumbuhkan Koperasi yang berkualitas. Dahulu jumlah Koperasi di Kerinci banyak, yang ditandai dengan banyaknya masyarakat membuat izin Koperasi tetapi saat ini tidak sehat lagi.

“Maksudnya Koperasi kita tidak sehat yaitu, Anggotanya banyak yang tidak aktif lagi, sehingga tidak berkorp atau bersama-sama untuk membangun ekonomi, tetapi yang terjadi sebaliknya yakni Kuperasi, atau diperas, yang menyebabkan koperasi tidak berjalan dengan baik,”ujarnya.

Ditambahkannya, Koperasi juga sering tidak pernah dilaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT), padahal Berkoperasi yang tertinggi adalah Anggota, sebagai pemilik Koperasi yang ditentukan dalam RAT. Cara menyehatkan koperasi tergantung dengan Anggota, sehatkan dan kembangkan Koperasi, sesuai dengan tema 4.0 manfaatkan teknologi untuk kemajuan koperasi.

“Nanti diawal November Kabupaten Kerinci akan menjadi tuan rumah, Arung Jeram, TDS, Festival Kerinci, Pesta Nikah Massal Gratis, dan Pemecahan Rekor Muri Petik Teh. Maka untuk itu, Koperasi dan UMKM harus ambil bagian dengan memanfaatkan momentum tersebut jangan hanya jadi penonton,”tukasnya.

Peringatan harkopnas ke 72 tahun 2019 tingkat kabupaten Kerinci yang dilaksanakan pemkab Kerinci mengambil tema Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0 menuju Kerinci Lebih Baik dan Berkeadilan.


Penulis: AVERMAN DEKA
Editor: BENI MURDANI


Tagar:

# KERINCI

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement