Bupati Tanjabtim Kunjungi Perahu Kuno Lambur



Senin, 12 Agustus 2019 | 11:12:52 WIB



Bupati Tanjabtim, Romi Hariyanto saat melihat benda penemuan di situs bersejarah Perahu Kuno
Bupati Tanjabtim, Romi Hariyanto saat melihat benda penemuan di situs bersejarah Perahu Kuno Akhmad,SF

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK,eNewsTimE.co – Bupati Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), H. Romi Hariyanto, SE, pada Senin (12/8) mengunjungi Perahu Kuno Lambur yang berada di Kecamatan Muarasabak Timur. Dimana saat ini, keberadaan Perahu tersebut sedang diteliti oleh Tim Arkeologi dari Universitas Indonesia yang didampingi oleh Tim BPCB Provinsi Jambi dan Universitas Jambi.

Dalam kunjungannya, Bupati Romi meminta kepada Tim Peneliti agar kedepannya bersama sama membangun Tanjabtim. Karena Bupati berniat, akan membangun Museum diaera Perahu Kuno tersebut. ‘’Saya minta tolong dan kita akan bagi tugas. Bagaimana ini bisa dikerjakan sampai selesai. Terkait dengan penelitian ini, saya juga tidak setuju kalau Perahu ini diangkat, bila perlu tetaplah didalam tanah,’’ pintanya.

Bupati berharap, kalau sejarah Perahu Kuno ini tidak putus sampai disitu saja. Dan bagi pengunjung yang ingin tahu terhadap Perahu Kuno tersebut, Bupati meminta agar ditanggapi secara langsung. Mengingat sejarahnya belum banyak yang mengetahuinya. ‘’Jangan sampai ada sejarah yang terputus. Kita ingin menjadikan (lokasi) ini sebagai destinasi wisata. Karena itu saya minta tolong, kalau ada anak-anak (sekolah) saya bertanya tolong dijawab. Nanti akan dibuat edukasi untuk sekolah agar tahu tentang sejarah. Bila perlu kegiatan edukasi ini dibuat tiga kali seminggu,’’ harapnya.

Dan untuk melancarkan proses penelitian ini, Bupati langsung memerintahkan Kasat Pol PP dan Kades untuk menyiagakan pengamanan dari Karang Taruna, Pemuda Pancasila dan Banser maupun masyarakat setempat.

Pada saat itu, Bupati juga sempat menanyakan kepada Kepala Desa terkait pembebasan lahan. ‘’Dan Alhamdulillah tidak persoalan,’’ sebut Bupati.

Kemudian ia berharap ditahun 2020 nanti, pembebasan lahan tersebut dapat terselesaikan dengan baik. ‘’Lahan masyarakat nanti akan dibeli dan masyarakat itu lah yang bekerja disini nantinya. Bila perlu kita minta anaknya dijadikan Pol PP nya disini. Karena keamanan bagusnya dari putra daerah sini lah,’’ pungkasnya


Penulis: Akhmad,SF
Editor: Lia



Advertisement
Advertisement
Advertisement