Festival Sumbun Tanjabtim Meriah



Senin, 24 Juni 2019 | 17:19:02 WIB



Bupati Romi foto beersama warga di Pantai spot Sumbun
Bupati Romi foto beersama warga di Pantai spot Sumbun Akhmad,SF

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK,eNewsTimE.co– Festival Sumbun tahun 2019 yang diselenggaran oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) di Kelurahan Kampung Laut, Kecamatan Kuala Jambi, berlangsung dengan meriah dan sukses.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Tanjabtim, Dedy Armadi mengungkapkan, Festival Sumbun tahun 2019 ini dilaksanakan selama Dua hari, yaitu pada Minggu (23/6) sampai Senin (24/6). ‘’Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin dalam setiap tahunnya,’’ ungkap Dedy.

Bupati Tanjabtim, H. Romi Hariyanto dalam kesempatan itu menyampaikan, dengan segala keterbatasan, Pemkab tetap optimis Kabupaten Tanjabtim akan sama dengan Kabupaten lainnya yang terdapat di Provinsi Jambi. Bupati Romi yakin bahwa peserta maupun para undangan yang hadir sudah banyak mengetahui soal Sumbun. Maka dari itu, Romi menyebutkan bahwa Festival Sumbun ini merupakan sebuah tradisi Kabupaten Tanjabtim yang mungkin juga tidak dimiliki di Kabupaten lain. ‘’Ini merupakan tradisi yang spesifik di Kabupaten Tanjabtim, Mancing Sumbun menggunakan Kapur yang tidak semua Kabupaten di Indonsia ini yang punya tempat seperti ini,’’ kata Bupati.

Romi berharap, agar semua masyarakat mesyukuri nikmat yang diberikan Allah SWT ini. ‘’Kepada masyarakat Kuala Jambi tolong perhatikan serta terima tamu–tamu kita dengan baik, tunjukan keramahan kita. Keramah tamahan yang kita junjung tinggi harus tetap kita pertahankan,’’ pintanya.

Sementara itu, Camat Kuala Jambi, Taufiq Kurniawan mengatakan, melalui Festival Sumbun ini, diharapkan dapat memberikan memotivasi masyarakat bahwa Sumbun atau Kerang Bambu ini merupakan suatu andalan prodak kearipan lokal Kuala Jambi. ‘’Kita tegaskan, masyarakat supaya dapat terus menjaga kelestarian sumber dari Sumbun tersebut, jangan mengunakan racun maupun pukat di lokasi tersebut,’’ ujar Taufiq. ‘’Melalui Festifal Sumbun ini masyarakat luas akan mengetahui lebih jauh dan lebih dalam tentang Sumbun dan hasil laut lainnya yang terdapat di Kuala Jambi ini,’’ tandasnya.


Penulis: Akhmad,SF
Editor: Lia
Sumber: Timur Ekspres

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement