Pemkab Tanjabtim Prioritaskan Warga Miskin

Peserta Pelatihan Kerja di BLK


Senin, 10 Juli 2017 | 21:08:27 WIB



PELATIHAN KERJA- Warga yang mendaftarkan dirinya ikut seleksi pelatihan lanjutan di BLK Tanjabtim
PELATIHAN KERJA- Warga yang mendaftarkan dirinya ikut seleksi pelatihan lanjutan di BLK Tanjabtim DOK/NT

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK, eNewsTimE.co - Program pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Tanjabtim pada 2017 ini sedikit berbeda dari yang sebelumnya. Dimana pada tahap ini peserta yang mengikuti pelatihan kerja itu diprioritaskan bagi masyarakat yang tidak mampu. ‘’Pola ini untuk menunjang penentasan angka kemiskinan di Kabupaten Tanjabtim ini,’’ terang Kepala Dinas Ketenaga Kerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Tanjabtim, Mariontoni di ruang kerjanya, Senin (10/7) kemarin.

Dijelaskannya, pada kali ini, melalui pos APBN, BLK, Kabupaten Tanjabtim mendapatkan lima paket pelatihan kerja, diantaranya kejuruan elektronika berupa audio video, otomotif yaitu mekanik junior sepeda motor, listrik berupa instalasi penerangan, kejuruan refrigerasi yaitu teknisi pendingin AC split dan kejuruan garmen apparel berupa custome mode pakaian wanita anak. ‘’Dengan masing-masing 16 orang dalam setiap jurusan itu, mereka akan dilatih selama 30 hari lamanya sejak Juli ini,’’ paparnya.

Dengan minimnya jumlah penjaringan peserta dalam setiap jurusan itu, dikarenakan keterbatasan prasarana dan sarana yang dimiliki BLK, seperti tempat penginapannya serta peralatan pelatihannya. ‘’Peserta yang mendaftar pada setiap jurusan membludak dari kuota. Maka dari itu kita lakukan seleksi dalam setiap kegiatan,’’ ucapnya.

Adapun dalam perekrutan peserta pelatihan ini, kata Mariontoni, pihaknya bekerjasama bersama pihak Kecamatan, Kelurahan dan Desa supaya peserta yang dibutuhkan pada pelatihan kali ini benar-benar dari masyarakat yang tidak mampu, ‘’Pasalnya, pihak Kecamatan, Kelurahan Maupun pihak Desa pasti mengetahui pastinya. Kita berharap, dengan keterampilan yang mereka miliki perekonomian mereka dapat terbantu dan meningkat,’’ ujarnya.

Sementara kegiatan pelatihan kerja di BLK melalui APBD Kabupaten Tanjabtim pada 2017 ini ada tiga jurusan atau tiga paket, diantaranya jurusan mebel atau pertukangan, las listrik dan otomotif roda dua. ‘’Dari CSR, BLK akan mendapatkan bantuan peralatan kerja,’’ tandasnya.


Penulis: AKHMAD. SF
Editor: MAULANA
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement