Cara Memotivasi Kades Ala Bupati Romi



Jumat, 10 Februari 2017 | 15:02:06 WIB



H. ROMI HARIYANTO
H. ROMI HARIYANTO DOK/NT

Advertisement


Advertisement

NIPAH PANJANG, eNewsTimE.co - Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang adil. Tak ragu memberi sanksi pada staf yang bersalah, sekaligus tak segan memberi penghargaan pada staf berprestasi. Hal inilah yang betul-betul disadari oleh Bupati Tanjabtim H. Romi Hariyanto. Karena itu, dihadapan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), anggota DPRD, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, Bupati Romi memperlihatkan keseriusannya menerapkan pola memimpin yang dijalankannya. Seperti yang terjadi dalam acara sertijab Camat Nipah Panjang dari Syafaruddin ke Kamaruddin, Jumat (10) di aula Kantor camat Nipahpanjang. Saat memberikan sambutannya, Romi tiba-tiba meminta para Lurah dan Kepala Desa untuk berdiri. Kepada mereka, Romi bertanya soal pengetahuan mereka tentang gerakan PKK. Sebab, saat acara dimulai dia melihat para Lurah dan Kades semangat sekali menyanyikan lagu Mars PKK. ‘’Saya tantang, jika ada yang bisa menyebutkan dengan benar 10 program pokok PKK saya akan beri hadiah dua juta rupiah,’’ jelas Romi dari podium sambutan. Karuan saja para Kades dan Lurah saling lirik tanpa ada yang berani mengajukan diri untuk menerima tantangan Bupati. Setelah didorong-dorong rekannya, akhirnya Lurah Nipah Panjang I Ahmad Yani nekad maju ke depan podium Bupati. Namun sayang, meski mencoba memperbaiki berkali-kali, Lurah Yani gagal menjawab tuntas.

Akhirnya Ibu PKK yang hadir memberi nilai 50 persen saja. Tapi apa yang terjadi, ternyata meski tak bisa tuntas menjawab, uang Rp. 2 juta yang sudah disiapkan tetap diserahkan utuh. Tak ayal seisi ruangan pun bersorak.

Ditanya tentang alasannya, usai acara Romi menjelaskan bahwa itu adalah salah satu caranya memotivasi para stafnya. Bukan soal uangnya, tapi ia ingin menunjukkan bahwa siapapun yang bekerja baik. Percayalah dia selaku pimpinan pasti akan memberi penilaian baik. Begitu pula sebaliknya. Karena itu Romi berpesan agar tidak usah ragu dalam bekerja. Ikuti dan patuhi saja apa yang menjadi tugas pokok dan fungsi masing-masing, maka soal sanksi dan penghargaan, pimpinan yang akan menerapkannya secara adil. ‘’Makanya tadi saya pesan ke Lurah Yani, agar uang yang diberikan tadi bisa untuk traktir Ibu-Ibu PKK nya, agar mereka termotivasi lebih giat bekerja,’’ ujar Romi.


Penulis: BUYAMIN
Editor: BENI MURDANI

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement